Remot universal sering dijadikan solusi ketika remote TV bermasalah, meskipun sebenarnya ada banyak aplikasi remot TV yang praktis. Jika baru pertama kali pakai, kamu mungkin bingung. Karena tidak ingin kamu kesulitan, Jaka menyiapkan daftar kode-kode remot TV universal yang dapat membantu.

Dengan mengantongi kode-kode ini, konfigurasi remot universal akan makin mudah. Yang tak kalah penting, kode remot ini dapat disesuaikan dengan berbagai merek TV yang berbeda. Jadi, ayo langsung cek kumpulan kode remot TV universal untuk semua merek TV.

Apa Itu Kode Remot TV?

Kode Remot TV adalah password atau kode angka yang diberikan pabrik pembuat remot universal. Kode ini sangat berfungsi bila remot TV rusak atau hilang, tapi TV yang kamu gunakan tidak diproduksi remotnya.

Meski kini tren nonton di situs streaming film makin populer, masih ada sebagian kalangan yang setia dengan tontonan di TV. Bahkan, mereka rela menatap layar kaca dalam jangka waktu yang sangat lama untuk mengikuti acara yang disukai.

Sayangnya, akibat pemakaian yang terlalu sering, bukan tidak mungkin komponen TV jadi rusak, salah satunya adalah remot. Hal ini juga bisa diakibatkan oleh pemakaian yang kurang hati-hati, misalnya remot jatuh dan membentur benda keras.

Nah, jika kamu mengalami masalah yang sama dan telah membeli remot TV universal, maka kamu bisa memasukkan kode remot TV LG, Sharp, Polytron, Samsung, Toshiba, dan sebagainya agar bisa segera menggunakan remot tersebut.

Cara Setting Remot TV Universal dengan Kode

Nah, salah satu bagian yang selalu ada pada paket penjualan TV, baik untuk jenis biasa atau Smart TV adalah remot. Meskipun demikian, kamu masih bisa membeli remot sendiri jika memang rusak atau hilang.

Remot TV universal semacam itu harus diatur terlebih dahulu sebelum digunakan. Ikuti saja cara setting remote TV Samsung, Sharp, Polytron, dan lainnya menggunakan kode berikut, Silahkan Download Disini

Cari kode yang terdapat pada File Yang Telah Anda Download. Contohnya, pada remot TV Sharp, kodenya antara lain 003, 018, 016, 025, 135, 136, dan 137.
Klik tombol Set dan tombol Power, lalu tunggu hingga lampu indikator menyala.
Masukkan kode remot tivi. Jika kamu memilih kode 018, maka tekan angka 0, 1, dan 8.
Jika berhasil, lampu indikator akan otomatis mati.
Selesai. Remot TV universal sudah siap digunakan.
Cara Otomatis Setting Remote Universal
Jika ingin mengatur remote universal secara otomatis, langkahnya mirip dengan pengaturan manual. Yang membedakan adalah kamu tidak perlu memasukkan kode remote.

Setelah lampu indikator menyala, arahkan remote ke TV lalu tekan tombol volume (+ dan -) yang ada pada televisi secara berulang.

Jika sudah, kamu dapat menekan tombol "Power" untuk menghentikan proses pencarian kode otomatis.

Nah, setelah kamu tahu cara setting remot TV universal, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu kode untuk masing-masing merek TV populer.

Memang, kode remote TV Samsung berbeda dengan kode remote TV merek lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa mencatatnya dan menempel di bagian belakang remote supaya tidak lupa jika dibutuhkan lagi di kemudian hari.

Selain melihat di buku panduan, kamu juga bisa cek daftar lengkap kode remote TV melalui tabel yang akan Jaka berikan di bawah. Kode remot TV China dan Jepang seperti Changhong, Sanyo, dan Aiwa juga ada, lho.